Google

Wednesday, June 13, 2007

Indo Yaoi (Moved To Another Blog)



Stasiun TV manakah yang paling banyak memberikan kepuasan bagi para penggemar shonen-ai (yaoi)? Tidak lain dan tidak bukan adalah Indosiar. Masih ingat anime apa yang pertama kali diputar di Indosiar waktu launching pertama kali? Yup, sailormoon, lengkap dengan sekejab nuansa shonen-ai untuk pertama kalinya di stasiun TV di Indonesia, antara Zozait & Kunsite (Did I pronounce them right, their name is so hard to write properly), yang hal ini sama sekali tak ada di dalam manga-nya. Setelah itu anime bagai makin menjamur di stasiun-stasiun televisi dan beberapa di antaranya cukup mengandung suasana shonen-ai. Yang paling terkenal tentu saja Shaoran dari Cardcaptor Sakura.

Tidak hanya anime bahkan dorama yang memiliki nuansa shonen-ai juga sempat diputar di Indosiar, yaitu Ordinary People dan Poor Prince. Poor Prince sendiri diangkat dari salah satu manga karangan Ai Morinaga berjudul Yamada Tarou Monogatari, tapi versi terjemahan bahasa Indonesia (dari penerbit yang tidak resmi tentunya) tetap menggunakan judul Poor Prince. Fakta tersebut juga membantah statement bahwa di Indonesia minim manga-manga yang memiliki nuansa shonen-ai. Ada cukup banyak shonen-ai manga (sekali lagi, dari penerbit yang tidak resmi tentunya), sebagai contoh yang saat ini sedang beredar adalah Weiss Kreuz & Loveless. Bahkan salah satu penerbit tidak resmi tersebut (dengan terang-terangan) memiliki nama "Boys Love Comics". :0

1 comment:

Anonymous said...

Ahahaha, kok di-moved sih... Ok, selain Cardcaptor Sakura, klu dari publisher resmi kayaknya manga apa yg rada2 ada unsur shonen-ai nya?